RPP 1 Lembar/Halaman SD SMP SMA Revisi Baru

Informasi format Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), berikut ini merupakan RPP 1 Lembar / Halaman, Revisi Terbaru 2023 yang sudah tersusun berdasarkan keputusan serta ketentuan dari menteri pendidikan dan kebudayaan. Sebagaimana diterangkan dalam lampiran Surat Edaran Mendikbud tentang Penyederhanaan RPP Satu Lembar terkait 3 acuan prinsip yakni Efektif, Efesien dan Berorientasi pada murid.


Sehingga bagi rekan pendidik Media Genggaman yang sedang mencari cari referensi. Khususnya terkait apa saja isi komponen penyederhanaan Rencana pelaksanaan pembelajaran Satu Halaman/Lembar tersebut.


kiranya dapat menggunakan atau melihat isi berkas yang sudah admin sediakan sebagai sumber acuan referensi. Sekaligus bahan perbandingan ketika menyiapkan serta mengembangkan konsep perencanaan pembelajaran untuk awal semester baru ataupun tahun ajar 2022/2023 nanti.


Membahas tentang penyederhanaan RPP terbaru 2023 cukup satu halaman / satu lembar yang menjadi kebijakan terbaru. Tentunya bila kita melihat info pada situs www.kemdikbud.go.id dilakukan sebagai pembaruan dengan tujuan untuk meringankan beban administrasi guru.


Sekaligus tindakan dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi. Dimana dimaksud kesederhanaan pada penyusunan RPP Satu Lembar Terbaru 2023 ini ialah, Meringkas secara sistematis dan lebih sederhana dengan merujuk pada tiga prinsip, atau tepatnya tidak terlalu banyak halaman namun tidak mengurangi lingkup isi substansi materi (tetap berkualitas).

Apa RPP 1 lembar? Dari surat edaran dijelaskan bahwa RPP dibuat cukup satu lembar/halaman saja. Setiap Komponen rencana pelaksanaan pembelajaran dalam model lesson plan terdapat 3 strutktur inti yaitu tujuan, pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assessment (Penilaian).  Langkah menyusun RPP 1 lembar? Langkah sederhana untuk membuat RPP yaitu dengan menyiapkan Buku pelajaran Guru dan Siswa, kemudian buatlah krangka dengan mengacu pada SE Mendikbud No 14 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemudian isilah krangka tersebut sesuai dengan pembelajaran pokok materi yang akan dilaksanakan dikelas. Apakah RPP 1 lembar harus 1 lembar? Tidak juga, menurut kemdikbud RPP beserta semua komponen tidak hanya dibuat dalam 1 lembar saja, Guru bisa menambahkan beberapa poin penting sesuai kebutuhan belajar. RPP dibuat per apa? Penyusunan RPP dibuat setiap kali proses KBM akan dilaksankan. Paling umum dilakukan ketika memasuki awal semester dan tahun ajaran baru, dengan penulisan dilakukan supaya lebih awal sebelum kegiatan mengajar.  Kapan RPP 1 lembar berlaku? Kemendikbud sudah menyatakan dan memberlakukan penyusunan RPP satu lembar sejak dikeluarkannya kebijakan surat edaran nomor 14 tahun 2019/2020, beserta dengan program barunya yaitu pendidikan merdeka belajar. Apa perbedaan rpp lama dan rpp baru? RPP Lama untuk rumusan indikator KI1 KI2 boleh ditulis, sedang RPP terbaru tidak ada, namun demikian penyederhanaan RPP baru tetap tidak mengurangi isi ruang lingkup dari substansi materi pelajaran. Kenapa RPP menjadi 1 lembar? Dalam hal ini pak menteri menyatakan sebagai terobosan baru untuk meningkatkan efesiensi sekaligus mengurangi beban Guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Apa itu RPP dan contohnya? RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaran berupa isi komponen kegiatan mengajar Guru yang termasuk bagian dari administrasi pembelajaran pendidik. Pengembangan RPP dibuat untuk mencapai kompetensi dasar pada murid, itu berarti setiap isinya mencakup prosedur dan pengorganisasian proses pembelajaran dalam mencapai KI KD.

Membicarakan perihal format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Halaman/Lembar seperti kita ketahui merupakan rencana kegiatan tatap muka atau satu kali pertemuan maupun lebih. Pengembangan perencanaan mengajar dilakukan dengan mengacu pada Silabus. Perencanaan pembelajaran tersebut menjadi bagian penunjang Guru untuk mendorong peserta didik guna mencapai suatu kompetensi dasar (KD).


Pentingnya menyiapkan berupa RPP 1 Halaman, selain dari itu ialah agar proses pembelajaran dapat terencana dan terstruktur. Khususnya setiap kompetensi-kompetensi yang hendak akan dicapai dapat terlaksana. Bukan itu saja rencana mengajar merupakan pedoman dengan mencakup prosedur kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan instruksional khusus.


Mengenai hal inilah info tentang Penyederhanaan Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP yang menjadi suatu kebijakan baru Mendikbud tentu saja harus semua pendidik ketahui. Sebab akan menjadi prosedur serta acuan dalam pengembangan pembuatan program materi. Bahkan akan dipergunakan dan dilaksanakan pada proses kegiatan belajar mengajar saat ini atau tahun pelajaran mendatang.


Mengulas pada Format materi yang ada di situs kami mengenai perencanaan pembelajaran yang menjadi bagian dari kebijakan aturan terbaru. Dimana sudah disusun dengan menyesuaikan kebijakan baru. Inilah info yang dijelaskan bahwa penyederhanaan yang dimaksud haruslah berpedoman pada tiga prinsip dan Tiga struktur komponen inti:


Bagian Komponen Inti RPP 1 Lembar


Revisi Terbaru:

  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Assessment atau Penilaian Pembelajaran

K13:
  • Identitas Sekolah, Materi, Alokasi Waktu
  • Tujuan
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator
  • Materi Esensi
  • Metode
  • Media Sumber Belajar
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian

Acuan Prinsip-prinsip Penyederhanaan RPP K13 Satu Lembar


Efesien, yang berarti penulisan dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan waktu serta tenaga, Supaya Guru dapat lebih fokus pada konsep dan esensi dari pelaksanaan mengajar.


Efektif, itu artinya penulisan dibuat untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga Guru diharuskan memperhatikan keterkaitan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar, sebagaimana menjadi bagian dari tujuan pembelajaran.


Berorientasi pada Peserta Didik (Murid), dalam artian menulis RPP 1 Halaman di lakukan dengan mempertimbangkan ketertarikan (menarik), kesiapan serta kebutuhan belajar siswa di kelas, Pertimbangan ini menyelaraskan juga dengan kurikulum yang digunakan.


Dari Isi dokumen Baru yang kami sediakan sudah menyesuaikan berdasarkan program pendidikan merdeka belajar. Sebagai mana menjadi peraturan baru. Dengan begitu rekan-rekan guru dapat membuat rancangan perencanaan pembelajaran terbaru satu lembar tersebut.


Fungsi Menyusun RPP 1 Lembar


Perlu diketahui, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP menjadi suatu bagian penting yang harus di persiapkan oleh pengajar. Baik itu Guru pemegang Kelas maupun Guru mata pelajaran. Bahkan RPP merupakan pegangan Guru dalam kelancaran proses KBM. Terlebih untuk mampu mengembangkan potensi Murid sesuai ranah aspek pada program pendidikan (Program Kurikulum).


Terutama menjadi sumber tambahan referensi buat pendidik saat akan menyusun konsep perencanaan mengajar. Khususnya menulis Rencana kegiatan untuk pembelajaran atau pembuatan RPP Terbaru Satu Lembar di sekolah.


Informasi baru buat yang memerlukan referensi dalam membuat laporan hasil tugas belajar secara daring. Berikut ini merupakan Contoh Laporan Pembelajaran Daring Onlineyang dapat pendidik tinjau dokumen nya.


Peralatan Untuk Membuat RPP 1 Lembar Model Lesson Plan


Memiliki beberapa persiapan lanjutan, selain mengetahui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan. Setiap Guru wajib memiliki peralatan dalam menunjang membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.


Lantas apa saja yang harus kita siapkan untuk memulai? Satu diantaranya yakni Bolpoin untuk menulis dan mencatat, kemudian kertas atau Buku catatan khusus, Fungsinya untuk menuangkan gagasan rencana pembelajaran. Bahkan bisa menjadi catatan penting guna menganalisis setiap yang terjadi ketika proses belajar berlangsung.


Disamping itu hasil pencatatan yang dituangkan dapat menjadi tolak ukur, sebagai bahan pertimbangan Guru. Khususnya pada saat akan menyusun rencana mengajar pada RPP 1 Halaman/RPP Terbaru 2023 selanjutnya, agar dapat sesuai dengan kebutuhan belajar Siswa-Siswi.


RPP Terbaru 2023 Untuk Guru SD


Silahkan miliki Contoh RPP SD 1 Lembar yang telah jadi, dengan berisikan susunan lengkap. Berikut contoh yang telah memuat 2 versi melalui tautan dibawah:

RPP 1 Lembar SD 2022/2023 - File 1.Pdf


RPP Satu Halaman 2023 - File 2.Pdf


RPP Terbaru 2023 Untuk Guru SMP


Bagi rekan Guru jenjang SMP/MTs dapat meninjau dokumen RPP Satu Lembar Lengkap. Contoh tersebut sudah tersedia untuk semua mata pelajaran berdasarkan tiap-tiap Kelas VII, VIII, IX serta Semester 1 dan Semester 2.


Berikut adalah Contoh Format nya dapat anda tinjau pada halaman, RPP Satu Lembar SMP Kelas 7 8 9 Lengkap -Info


RPP Terbaru 2023 Untuk Guru SMA


Contoh Dokumen Lengkap jenjang SMA/MA/SMK rekan pendidik dapat menelaah tiap file sesuai kebutuhan. Inilah tiap bidang study (mata pelajaran) dan masing-masing kelas X, XI, XII untuk Semester Ganjil dan Semester Genap pada rujukan berikut, RPP Satu Lembar SMA Kelas 10 11 12 Lengkap - Info


Tentang Penyederhanaan prinsip-prinsip efesien, efektif dan berpusat kepada siswa. Setiap pertanyaan dan jawaban terkait rencana pembelajaran dan penilaian terlampir pada tanya jawab; Buku Saku RPP (Disini).


RPP Daring

Mengingat selama masa pandemi covid-19 setiap satuan pendidikan dasar, menengah hingga atas melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Maka format Rencana, RPP Pembelajaran Daring saat ini akan banyak digunakan, terutama untuk menunjang Guru dan peserta didik berinteraksi dalam proses kegiatan belajar-mengajar secara online.


Mengulas RPP Daring sendiri di istilahkan dari kepanjangan (dalam jaringan) yang berfungsi untuk memberi kemudahan kepada pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran, melalui proses mengajar berbasis online atau kegiatan pembelajaran jarak jauh. Perihal konsep penyusunan RPP Pembelajaran Daring tentunya sama dengan penyusunan RPP Luring atau yang biasa kita kenal dengan RPP Tatap Muka.


Perbedaan dari RPP Daring serta RPP Luring (Luar Jaringan)/tatap muka untuk kegiatan belajar mengajar ialah dari segi media alat dan bahan. Sebagaimana Guru mencantumkan beberapa proses pelaksanaan media daring yang akan dilakukan melalui media pembelajaran online.


Di akhir penyampaian artikel admin memberi saran. Supaya di share kembali kepada sesama pengajar lainnya yang membutuhkan baik lewat group, forum maupun status di media sosial. Sebelumnya terimakasih banyak bagi yang sudah ikut berpartisipasi membagikan file diatas mudah mudahan dapat menjadi berkah dan bermanfaat.

RPP 1 Lembar/Halaman SD SMP SMA Revisi Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Romansyah

Popular Posts